Selasa, 22 April 2014

Ikut Organisasi, anti galau...



Judul: Ikut organisasi, anti galau..
Oleh Nurul Istiqamah
Galau..
Siapa yang tidak pernah mendengar kata galau??  Siapa yang tidak pernah mengalami galau? Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, guru ataupun tukang ojek sekalipun, pasti pernah mengalami yang namanya galau. Umumnya galau banyak dirasakan oleh remaja putri, namun bukan berarti kaum remaja putra tidak bisa merasakannya, dan tentunya frekuensi antara keduanya lebih besar terjadi pada remaja putri karena pada umumnya wanita lebih mudah tersentuh dan sering menggunakan perasaanya dalam menyikapi suatu hal, terutama yang menginjak masa pubertas pada kisaran umur 14-18 tahun. Penyebabnya beragam, misalnya remaja mengalami putus cinta. Biasanya yang paling mersakan sedih dan sakit hati adalah yang wanita. Jika sakit hati dan rasa galau yang dirasakan teramat sangat, bisa jadi ada yang mengekspresikan dengan menangis berhari-hari, karena mungkin persaan tersebut sulit untuk dilupakan. Jika remaja yang sedang merasakan galau hanya menghayati dan meratapi perasaannya tersebut, pasti galau yang dirasakan akan semakin parah dan lama kelamaan remaja tersebut akan mengalami stress. Oleh karena itu rasa galau ini harus segera diobati dan dilupakan.
Meskipun penyebabnya beragam. Galau seakan menjadi tren dan budaya saat ini. Untuk diketahui bahwa arti galau adalah perasaan resah, gelisah, kacau, terombang-ambing. Jadi dapat dikatakan bahwa seorang yang sedang galau itu dalah seorang yang resah, gelisah, kacau dan terombang-ambing.
Hal yang serupa dengan galau adalah lelah. Tentulah galau dan lelah itu berbeda, namun tetap saja ada keterkaitannya satu sama lain. Kalau lelah disebabkan oleh faktor fisik seperti terlalu banyak bekerja atau asupan gizi yang salah, galau ini disebabkan oleh faktor psikis yang bisa datang dari luar maupun dari dalam diri kita. Sesorang yang mengalami kegalauan, biasannya karena suatu permasalahan yang membuat suasana hatinya tidak nyaman, seperti putus cinta, jatuh cinta, dana masalah-masalh lain yang menyerang sisi perasaan.
Beberapa solusi untuk menangani rasa galau diantarannya:
1.      Jangan menyalahkan diri sendiri
2.      Berhenti mendengarkan lagu berirama sedih/galau
3.      Memahami bahwa segala ujian merupakan tingkat kenaikan level
4.      Hadapi, jangan dihindari
5.      Merasalah beruntung
6.      Perbanyak sharing dan bergaul dengan teman
7.      Perbanyak ibadah dan berdo’a kepada tuhan
8.      Perbanyak melakukan/menyibukan diri dengan aktivitas yang bisa menghiburmu
9.      Jika masih tidak bisa cobalah ke psikolog atau hipnoterapis
10.  Buatlah pilihan mencari lagi atau berhenti lagi.
Salah satu solusi ampuh untuk mengatasi dan mengobati rasa galau yaitu ikut atau masuk organisasi. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa yang paling banyak merasakn galau adalah remaja diusia sekolah dan kuliah. Jadi organisasi merupakan pilihan yang sangat bagus untuk menghindari galau tersebut. Meskipun tidak semua mahasiswa atau pelajar tertarik masuk dan aktif dalam organisasi karena beberapa alasan seperti, takut kegiatan organisasi menyita banyak waktu sehingga pelajaran dan kuliah terbengkalai, dan ada juga yang menganggap bahwa organisasi hanya buang waktu.
Untuk sekedar diketahui bahwa masalah kegiatan yang banyak menyita waktu, tergantung dari bagaimana kita memanajemen waktu yang kita miliki. Sebanyak apapun kegiatan oranisasi dan sebanyak apapun tugas kuliah, jika kita bisa membagi waktu kita untuk kegiatan organisasi dan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas, itu tidak akan menjadi masalah. Misalnya jam 16.00-18.00 untuk kegiatan organisasi, kemudian pulang dan istirahat sebentar, lalu jam 20.00-22.00 untuk mengerjakan tugas dan belajar. Pada umumnya mahasiswa memang tidak memiliki waktu istirahat yang banyak. Karena tujuan utama kita mencari ilmu, mencari pengalaman dan berwawasan luas. Hal tersebut tidak bisa hanya didapatkan di bangku sekolah dan kuliah saja melainkan di organisasi juga. Biasanya organisasi mengadakan kegiatan training yang mengajarkan kita bagaimana caranya berbicara di muka umum (LDK) dan berbaur dengan banyak teman.
Setiap universitas atau sekolah, pasti memiliki banyak organisasi atau ekstra kurikuler untuk mahasiswanya sebagai kegiatan diluar jam perkuliahan. Organisasi dapat menjadi penyalur minat dan bakat mahasiswa tersebut. Misalnya organisasi di bidang seni dapat menjadi tempat mengembangkan bakat mahasiswa yang memang memiliki bakat dibidang seni itu sendiri,seperti menari, menyanyi, melukis dan lain lain. Beberapa hal dalam organisasi yang dapat menghilangkan rasa galau:
1.      Banyak teman dalm organisasi yang membuat kita nyaman dan melupakan masalah dan rasa galau.
2.      Dalam berorganisasi, kita bisa belajar banyak hal seperti dengan mengikuti kajian dan mendapatkan ilmu-ilmu baru.
3.      Mengikuti lomba. Fokus dengan lomba yang akan diikut membuat kitalpa dengan masalah dan kegalauan kita.
4.      Mengembangkan bakat seperti latihan menai dan lain-lain, sehingga kita akan disibukkan dengan latihan tersebut dan tidak ada waktu lagi untuk mengingat rasa galau tersebut.
5.      Melakukan kegiatan sosial adalah satu kegiatan dari organisai yang bisa menghilangkan rasa galau dalam diri kita.
6.      Melakukan hal-hal baru seperti rekreasi ke tempat-tempat yang belum pernah di datangi. Rekreasi merupakan salah satu cara merefresh atau menyegarkan diri kita dari pikiran-pikiran yang menumpuk di kepala dan sejenak melupakan semua itu.
Sebenarnya galau memang memiliki banyak solusi lain. Organisai merupakan solusi yang bisa dipilih oleh mahasiswa dan pelajar.
Semoga bisa membantu bagi kawan-kawan dan sobat-sobat sekalian..
syukron...

DAFTAR PUSTAKA
(http://fantascene.blogspot.com/2013/07/10-tips-cara-menghilangkan-galau.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar