Jumat, 11 April 2014

Contoh cara meriview jurnal



REVIEW JURNAL
·         Peringkas/NIM
Kelompok 11
·         Tanggal
27 Maret 2014
·         Topik
Telepon seluler dan masyarakat pedesaan

·         Penulis
Budiman
·         Tahun
2009
·         Judul
Telepon Seluler dan Efektivitas Komunikasi Masyarakat Pedesaan
·         Jurnal
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan
·         Vol. Halaman
Volume 10 No.  1 halaman 11-32

·         Landasan Teori
Kepintaran, kecanggihan dan fasilitas yang dimiliki oleh teknologi komunikasi menjadi tolok ukur seberapa besar fungsi dan kebutuhan dari teknologi komunikasi itu bagi penggunanya tanpa memikirkan dampak yang akan timbul dari pemakaian teknologi tersebut. Secara nyata jelas terlihat bahwa teknologi komunikasi memberikan keuntungan yang sangat besar bagi penggunanya terutama dalam hal berkomunikasi (komunikasi tidak lagi rumit seperti dulu). Teknologi telekomunikasi  membuat dunia semakin dekat dan menyatu karena waktu dan jarak semakin pendek, pergerakan informasi berjalan dengan cepat dan menyebar sesuai dengan tujuan tergantung siapa yang membutuhkan.
·         Metode
Penelitian  ini bersifat deskriptif yakni hanya memaparkan situasi dan peristiwa apa adanya, tanpa mencari dan menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesa atau membuat prediksi. Dengan kata lain dalam penelitian ini hanya memberikan gambaran secermat mungkin mengenai suatu individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu.
·         Subjek
masyarakat yang bertempat tinggal di Desa Pertumbukan, yang memiliki dan menggunakan telepon seluler sebagai salah satu sarana media komunikasi.
·         Manipulasi
wawancara mendalam dan menggali informasi dari subjek yang diwawancara.
·         Instrumen
Kuisioner dan wawancara terstruktur
·         Hasil
Keberadaan telepon seluler dapat dijadikan salah satu upaya melepaskan diri dari rutinitas dan masalah; sarana pelepasan emosi; dan bagi masyarakat Desa Pertumbukan karena menimbulkan perasaan senang terkait dengan meningkatnya hubungan silaturahmi dengan keluarga dan teman, mengisi waktu luang serta mencari persahabatan yang lebih luas.  Keberadaan telepon seluler telah membantu masyarakat Desa Pertumbukan untuk mencari ide/pemikiran untuk berkreasi, menjalin serta meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak baik didalam lingkungan sekitar maupun di luar dan secara tidak langsung diakui dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya.
Dalam kegiatan sehari-hari telepon seluler sudah menjadi pelengkap terutama untuk kemudahan untuk berkomunikasi. Pola penggunaan telepon seluler bagi masyarakat yakni cenderung menggunakan SMS karena biayanya relatif murah bila dibanding jika melakukan percakapan melalui telepon seluler.
·         Kekuatan dan Kelemahan
Penelitiannya sangat baik dan jelas. Dapat meberikan wawasan mengenai penggunaan telepon seluler oleh masyarakat pedesaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar